HEADLINE TEXT MARQUE FITURE | CHANGE ALL OF THIS TEXT WITH YOUR OWN | NDYTEEN

PANDUAN & DOWNLOAD

--------------------------------------------------------------------------------

Download

Kamis, 10 Juni 2010

TIPS MEMILIH TEMPLATE BLOG

TIPS MEMILIH TEMPLATE BLOG



Memilih Template blog sangatlah penting karena mengingat banyaknya template blog gratis yang tersedia di internet, menuntut anda untuk pintar-pintar memilih mana template blog yang paling cocok dan sesuai, yang dapat memenuhi keinginan anda sebagai blogger,keinginan pengunjung dan juga keinginan mesin pencari (search engine).

karena banyak faktor lain yang perlu juga anda pertimbangkan dalam memutuskan apakah sebuah template cocok buat blog anda apa tidak. Dan berikut ini saya berikan beberapa tips untuk memilih sebuah template blog:

* Letak kolom artikel (posting)
Usahakan agar model kolom templatenya memposisikan posting artikelnya berada pada posisi sebelah paling kiri. Jangan berada ditengah apalagi sebelah kanan. Mengapa harus disebelah kiri artikelnya? Alasannya, pertama, karena kalau mengacu pada kaidah SEO (search engine optimization) robot search engine dalam menelusuri sebuah halaman website atau blog dimulai darikiri atas baru ke kanan bawah. Dengan menaruh di sebelah kiri maka anda sudah memberikan kemudahan pada robot search engine untuk menelusuri artikel yang menjadi kekuatan dari blog anda. Kedua, kecenderungan manusia secara umum mulai melihat atau membaca tulisan kebanyakan dimulai dari sebelah kiri baru ke kanan. Nah, tentu saja anda tidak ingin kan pengunjung blog anda datang tanpa membaca postingan tapi langsung pergi begitu saja karena ngeklik lihat banner menarik partner anda yang nampang disana. Kecuali kalau banner itu yang memang menjadi tujuan anda agar diklik.

* Tidak terlalu berlebihan tema templatenya
Sebuah template blog yang simpel alias sederhana,lebih baik anda memilih template yang jauh dari banyak nya pemakaian gambar,karena dengan semakin banyak nya gambar pada template maka akan semakin memakan waktu loading yang lama alias berat dan akan menambah berat blog kita nanti. Saran dari saya pilih lah template yang simple, tidak banyak gambar dan fast loading. contoh lihat website Google, lebih nyaman dilihat mata pengunjung dibanding template blog yang terlalu ramai, penuh pernak- pernik dengan background pattern yang berwarna-warni, font yang tidak standart dsb. Karena pada intinya pengunjung datang untuk membaca artikel atau melihat postingan anda, bukan untuk melihat dan mengagumi design wah yang menjadi template blog anda. Mungkin saat pertama kali berkunjung, pengunjung blog bisa terkagum-kagum melihat blog anda yang designnya mewah. Tapi apakah pengunjung masih terus terkagum-kagum pada kunjungan ke-2, ke-3 dst? Tidak bukan? Kecuali kalau anda menghendaki mereka untuk tidak datang lagi berkunjung, itu lain soal.

* Compatible dengan semua browser
Tidak semua template bisa compatible atau friendly dengan semua browser yang ada. Ada template blog yang cukup bagus, sempurna tampilannya jika dibuka dengan browser Firefox misalnya, tapi tidak cukup bagus atau malah morat-marit tampilannya jika dibuka pakai browser Opera. Nah, dengan memilih dan menguji template yang friendly terhadap semua browser, minimal paling tidak dengan 3 besar browser seperti Firefox, Opera dan Internet Explorer, maka blog anda akan selalu tetap tampil cantik apapun browser yang dipakai para pengunjung blog anda.

* Struktur Kode Template.
Perhatikan penempatan TAG H1,H2,H3 dan seterusnya.
Dari berbagai sumber yang saya baca alangkah baik nya kita memilih template yang mempuyai TAG H1 nya hanya 1, tidak diulang-ulang beberapa kali,misal TAG H1 nya berada pada Judul blog maka pada Judul postingan blog lebih baiknya menggunakan TAG H2.Tag H2 boleh diulang beberapa kali sama dengan TAG H3 dan seterusnya. Jika judul blog sudah menggunakan H1 dan judul postingan pada H2 maka struktur kode template anda akan teratur dan berurutan dimulai dari angka 1 dst. Dengan begitu maka sudah sesuai dengan peraturan dari robot search engine yang biasa mengindeks nya dengan turutan yang berurutan.

selamat mencoba...!!!

Komentar :

ada 0 komentar ke “TIPS MEMILIH TEMPLATE BLOG”

Posting Komentar